Wednesday, April 10, 2013

Menggambar jam Dinding dengan photo shop


Mungkin pada postingan saya kali ini, bisa di bilang hampir sama dengan postingan sebelumnya yaitu cara menggambar dengan photoshop, cara dan tool yang di gunakan pun hampir sama yaitu menggunakan menu Blending option, cuman kali ini saya akan mencoba membuat bentuk yang berbeda , jika sebelumnya saya mencoba menggambar Dindinding kali ini saya akan mencoba menggambar Jam Dindingnya, kurang lebih seperti ini contoh gambar sudah jadinya :




Baiklah sobat sekarang akan coba kita mulai menggambarnya :
- Pertama kali seperti biasanya kita siapkan dulu lembar kerja kita dengan ctrl + N dan atur ukurannnya sesuai yang kita inginkan
- Kemudian kita buat gambar bulat dalam lembar kerja kita dengan menggunakan Elliptical marquee tool dan di sini saya mengisinya dengan warna abu - abu


-kemudian pilih Edit >stroke, disini saya memberi warna hitam dan nilai 80 px untuk stroke nya

- setelah itu untuk memisahkan stroke supaya bisa jadi lis pada gambar jam Dinding yang kita buat, seleksi stroke yang warna hitam tadi menggunakan magic tool kemudian kopi layer dengan memilih New > layer via copy.

- Kemunian klik kanan dan pilih blanding optiion ( layer yang di seleksi adalah layer 2 yaitu layer stroke yang barusan kita copy) pada menu blending option klik tulisan Bevel and Emboss, dan atur nilainya, untuk style nya saya pake Emboss, untuk nilai defth dan size nya silahkan atur sesuai keinginan anda sambil lihat efeknya pada gambar,

- Untuk langkah berikutnya, buat lagi gambar lingkaran  sama menggunakan Elliptical marquee tool, tapi kali ini buat bentuknya agak oval dan beri warna putih, caranya sama dengan di awal dan untuk mengatur posisi da besar kecilnya gambar oval tadi bisa menggunaka Move tool, gambar jadinya seperti ini.


- kemudian ulang lagi seperti langkah awal dengan memberinya stroke tapi kali ini nilainya lebih kecil kalau yang pertama saya memberi nilai 80 sekarang saya memberi nilai 40, dan untuk warnanya kalau tadi saya memberi warna hitam sekarang saya memberi warna coklat, sama seperti di awal kita seleksi setroke nya dengan magic tool kemudian copy layer untuk memisahkan gambarnya, dan supaya tidak terlihat polos gambar lisnya nanti, kita bisa menambahka tekstur pada stroke yang kita pisahkan tadi saya memakai Film Grain dengan memilih Filter > Artistic > Film grain, lalu atur nilai Grain highlight area dan intensity nya sesuai selera kita.


- dan untuk memberi teksture pada gambar bulatan putih yang di tengah itu, sebelumnya klik dulu layernya supaya ter seleksi atau langsung di klik pada gambarnya sambil menekan tombol cntrl, disini saya menggunakan Filter > Distors > Glass, lalu sobat atur nilai Distortion sama nilai smoothnes nya

- lalu pindahkan lagi seleksi layernya skarang yang kita seleksi layer stroke kembali, klik kanan lalu pilih Blanding option seperti pada awal, pilih lagi Bevel and Emboss dan style nya Emboss seperti di awal, tapi kali ini nilai defthnya di kurangi supaya nanti bentuk gambar lisnya bulat.
- gabungkan semua layer kecuali layer beckgroun dengan mengklik semua layer yang akan di gabung sambil menekan tombol Shift, lalu klik Layer >Merge Down, sekarang kerangka Jam dinding kita sudah jadi tinggal memberi gambar angka gunakan Type tool yang lambang T pada photoshop sobat, sobat bisa mengatur warna angka , juga tipe angka yang sobat buat.


- Dan untuk menggambar jarumnya biar lebih gampang mendingan kita bikin lembar kerja baru aja dengan Ctr + N lalu pada lmbar kerja baru itu kita gambar jarum jam dengan pen tool atau di sini saya menggunakan Poligonal laso Tool, beri warna dan tinggal drag ke gambar jam pada lembar kerja yang pertama, ukurannya seperti biasa bisa kita paskan dengan menggunakan Move tool, begitu juga untuk membuat jarum pendeknya lakukan hal yang sama. jika sudah jadi tinggal kita gabungin aja gambarnya seperti di atas dengan menggabungkan layer - layer nya. da gambar Jam Dinding kita pun sudah jadi.

- Kita pun bisa mengganti Bekgrounnya dengan yang kira - kira sesuai keinginan kita. Sebelumnya saya pernah menggambar Jam seperti ini dan untuk beckgroundnya saya menggunakan beckground yang seperti saya gambar dalam postingan Menggambar Dinding dengan photoshop Kira - kira seperti ini gambarnya :



Terima Kasih,..salam sukses slalu !!!!

No comments:

Post a Comment